5 Manfaat Gula Aren Bagi Tubuh

Gula aren adalah gula yang terbuat dari nira. Nira merupakan cairan yang terbuat dari batang pohon aren. Gula aren banyak digunakan dalam campuran minuman atau makanan yang manis. Gula aren juga tidak kalah enak denga gula putih. Gula ini memiliki rasa karamel yang khas dan ringan. Gula aren dapat kita temui pada minuman seperti cincau, cendol, dll, atau pada makanan seperti, pisang ijo, martabak, roti bakar, dll. Gula aren dapat membuat minuman dan makanan itu menjadi lebih manis dan nikmat. Selain itu gula aren juga memiliki banyak manfaat antara lain.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Gula aren dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, antioksidan juga dapat mencegah peradangan dan infeksi yang dapat menurunkan kekebalan tubuh pada manusia.

2. Hangatkan tubuh

Selain pada minuman-minuman dingin seperti cincau dan cendol, gula aren juga dapat dijadikan pemanis bagi minuman hangat seperti wedang jahe, stmj, dll. Oleh karena itu gula aren juga dapat menjadi penghangat bagi tubuh manusia karena gula aren mampu menjaga stabilitas suhu tubuh.

3. Meredakan demam dan flu

Dengan gula aren yang dapat menjadi penghangat bagi tubuh, gula aren juga dapat menjadi obat bagi seorang yang sedang mengalami gejala flu dan demam. Tetapi ketika sedang mengalami gejala flu dan demam, sebaiknya tidak meminum gula aren dengan minuman-minuman dingin yang berlebihan.

4. Melancarkan pencernaan

Selain itu gula aren juga berguna untuk melancarkan pencernaan. Gula aren dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan lambung. Gula aren juga mengandung serat makanan yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Ini semua karena gula aren mengandung Inulin yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Inulin adalah serat prebiotik yang dapat difermentasi yang bermanfaat bagi bakteri usus.

5. Efek antiseptik

Gula aren memiliki sifat anti peradangan dan anti mikroba. Keduanya mampu membantu penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Gula aren dapat bermanfaat bagi penyembuhan sariawan pada gusi atau bibir. Gula aren juga mampu melawan reaksi alergi seperti alergi kulit, pernapasan, hingga pencernaan.